Posted by : Hense Wednesday 15 July 2015

Bootloop. Siapa yang tidak mengenal masalah yang satu ini, masalah yang sering ditemui pada sebagian besar pengguna android ini sering menjadi momok menakutkan bagi penggunanya. Sebenarnya hal ini biasa saja sih asal kita tahu solusi yang akan kita terapkan pada android kita yang terkena bootloop.

Cerita ini bermula dari salah satu temen saya ketika ingin melihat imei pada samsung galaxy acenya yang berada di belakang baterei dengan mencocokkan dengan imei di *#06#, karna galaxy ace plus miliknya baru saja menggunakan cusrom kitkat CM 11. Biasanya, setelah instal cusrom, imei juga akan berubah, tapi itu juga tergantung dari pembuat rom itu sendiri, tapi setelah di cek ternyata imeinya tidak berubah.

Setelah di cek ternyata imeinya tidak berubah, lalu dia mencoba menghidupkan lagi galaxy ace plus miliknya, ditunggulah 1menit, lalu 2menit, 3menit dan seterusnya tapi tidak ada tandanya kehidupan, hanya bertahan di logo cyanogenmod sampai beberapa lama. Kamipun mencoba mengingat-ingat lagi apa yang salah dengan hanya mengecek imei saja, itupun dengan hanya menggunakan menu *#06# yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu,,heeeee.

Dipikir-pikir, diingat-ingat sampai habis rokok 1slok (waduh, bahaya kali ya cuma beberapa menit aja bisa ngabisin rokok 1slok). Mungkin ini masalahnya, ketika dimatikan tadi, prosesnya shut down systemnya belum memprosesnya secara utuh ke system boot, dan langsung saja baterenya dicabut, sehingga mungkin systemnya crash.

Kamipun mencoba cara turun-menurun untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan masuk menu recovery (vol+ dan vol-, home, power) ditekan secara serentak, lalu wipe data / factory reset –> dellete all user data –> reboot. Dan selesailah sudah cara mengatasi soft bootloop pada samsung galaxy ace plus.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Asal asalan - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -