Posted by : Hense Saturday 11 July 2015

Tidur siang sering dilakukan masyarakat pada umumnya setelah melakukan aktifitas pada pagi sampai siang hari, tujuannya yaitu untuk membuat badan segar kembali. Banyak yang beropini bahwa tidur siang hanya akan membuat obesitas (kegemukan), sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karna sebuah peniltian menyatakan bahwa tidur siang mampu membantu memulihkan fisik setelah melakukan aktifitas, berikut saya jabarkan manfaat-manfaatnya:

1. Menghilangkan Kantuk
Siapa yang tidak setuju dengan manfaat no 1 ini??? Tidur siang jelas saja untuk menghilangkan katuk, ya kan? Manfaat ini jelas membantu para sopir untuk menjaga stamina dan fokusnya dalam mengendarai atau para pekerja yang membutuhkan focus kerja setelah siang hari.

2. Menambah Daya Ingat
Taukah kamu bahwa tidur siang membantu meningkatkan daya ingat, sebuah penilitian di The City University Of New York pada tahun 2010 menyebutkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan tidur siang memiliki daya ingat yang tajam dibanding dengan orang-orang yang tidak mempunyai kebiasaan seperti itu.

3. Mencegah Insomnia
Tidur dipercaya mampu mencegah insomnia. Ini dikarenakan waktu istrirahat jadi lebih panjang, jadi pada orang yang terkena insomnia akan mudah merelaksasikan tubuhnya untuk tidur.

4. Menurunkan Stres
Juga dapat menurunkan stress. Ketika kamu tidur, hormon stress perlahan akan mengalami penurunan, itu bagi yang malam harinya begadang.

5. Menyehatkan Jantung
Jika kamu melakukan selama 20-40 menit setiap hari, kamu akan mengurangi dari resiko penyakit jantung dan stroke.
Adapun waktu yang baik untuk tidur siang adalah:
· 10menit : Perbaikan instan. Menurut para peniliti tidur selama 10menit mengurangi kelelahan dan mampu menambah ketajaman otak, setidaknya untuk 2.5jam kedepan.
· 20menit : Akan meningkatkan reaksi terhadap angka-angka, tapi tidak tiba-tiba saja, anda akan memerlukan beberapa saat untuk mendapat manfaat ini.
· 30menit : Anda akan merasa mengantuk selama 5menit pertama setelah bangun, tapi akan segar sampai 90menit setelahnya.
· 45-90menit : Tidur biasa, tidak ada manfaatnya. Ketika kamu terbangun kamu akan merasa lebih buruk dari sebelum kamu memulai tidur.
· 90-110menit : Adanya masalah, durasi normalnya kira-kira 90menit. “meskipun kelihatannya sering, tapi tidur siang lebih dari 90menit pertanda adanya gangguan tidur” kata orang yang ahli tentang tidur.

Jadi lakukan sesuai waktu yang telah kamu ketahui untuk menemukan manfaat-manfaat diatas.

















Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Asal asalan - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -